cara membuat jalur pcb sendiri mengunakan pcb kosong, desain pcb secara manual

 on 20 Juli 2016  

membuat skema jalur pcb secara manual adalah cara yang efektif apabila sobat tidak menggunakan desain komputer, dengan cara ini akan lebih mudah dan simpel daripada menggunakan print dari komputer.tetapi akan lebih praktis lagi jika beli pcb yang sudah jadi..haha,, tapi kalau mau beli pcb yang sudah jadi kan belum tentu ada rangkaian yang seperti sobat harapkan. jadi terpaksa harus buat deh, jika buat sendiri kan pasti sobat lebih bangga bahwa itu adalah pcb buatan sobat sendiri, ya to..
apa saja yang perlu di persiapkan sebelum membuat pcb? tentunya alat dan bahan dong bro.

Alat dan bahan.
  • pcb kosong.
pcb kosong adalah pcb yang masih blank dengan sisi tembaga yang belum berbentuk jalur, jadi tugas sobat adalah membentuk jalur dari pcb kosong yang telah sobat beli, merek dan harganya berbagai macam, ada yang Rp3000, Rp4000, Rp5000, Rp6000, dan sebagainya, tergantung toko yang menjualnya serta kualitas merek pcb yang sobat beli,,
  • pembuat jalur.
pembuat jalur adalah penutup tembaga pembuat jalur pcb, penutup ini bekerja layaknya penutup tembaga yang tidak boleh di hancurkan atau di larutkan oleh asam clorida, apa alat pembuat jalur ini? jadi alatnya ya itu permanen marker(spidol). silahkan sobat corat-coret ke pcb kosong untuk membuat jalur seperti yang sobat inginkan.
  • asam clorida.
asam clorida adalah bahan kimia yang di buat untuk menghancurkan atau melarutkan logam berjenis tembaga, jadi bahan ini akan mempermudah sobat dalam pembuatan pcb, sobat tidak perlu mengukir pcb untuk membuat jalur layaknya seperti mengukir kayu, jadi dengan bahan ini sobat hanya perlu menunggu saja, biar pcb di ukir sama asam clorida saja.
  • penghapus bekas spidol.
untuk menghilangkan bekas spidol gunakan amplas yang halus saja, ber ukuran 1000, atau yang lebih kasar dikit juga gak papa,, kegunaan amplas disini hanya untuk di gunakan sebagai penghilang bekas spidol yang telah sobat corat-coretkan sebelumnya. sobat jangan sampai mengamplas pcb sampai jalurnya tipis, atau lebih aman gunakan bensin saja.
  • bor pcb.
alat yang terakhir adalah bor yang berfungsi untuk membolong pcb sobat, yang di gunakan untuk menaruh kaki komponen, mata bor biasanya berukuran 0,7mm dan 0,8mm, jika tidak menggunakan bor juga tidak masalah, tetapi penempatan komponen terdapat pada sisi jalur pcb sobat.

Tahap dan cara pembuatan.

  • Membuat jalur.
membuat jalur seperti yang sobat inginkan mislnya skema power supply, coretkan spidol pada tembaga pcb kosong sobat dengan bentuk skema yang telah sobat buat, jika sudah jadi skema, periksa kembali garis spidol sobat apakah sudah benar atau belum, jika ada yang salah di benahi dulu dan jika ada yang putus sambung lagi dengan spidol.
  • melarutkan dengan asam clorida.
sebelum melarutkan pastikan sobat sudah yakin kalau jalur pcb sudah benar, jika sudah yakin siapkan wadah untuk melarutkan pcb. Celupkan pcb ke dalam air dan airnya jangan banyak-banyak, yang penting tembaga tertutup air. Taburkan asam clorida dan aduk di atas permukaan  pcb sampai tembaga pcb dan clorida larut dalam air.
  • -menghapus jalur spidol.
menghilangkan bekas spidol bisa menggunakan dengan amplas atau bensin, jika menggunakan amplas jangan sampai melukai jalur sampai jalur sangat tipis, sobat gunakan amplas yang halus saja misalnya berukuran 1000, atau lebih enak gunakan bensin saja, dan lihat hasilnya, tembaga yang tadi tertutup spidol masih utuh kan broo.. dan jadilah skema..
  • -melubangi pcb dengan bor.
yang terakhir adalah melubangi pcb dengan bor untuk di gunakan sebagai penataan komponen, gunakan bor 0,7mm untuk lubang komponen yang kecil, dan misalnya menggunakan komponen besar seperti sanken, mosfet dll, gunakan bor 0,8mm, itu tergantung besar kecilnya kaki komponen, sobat bisa menyesuaikan sendiri berapa ukurannya.
cara membuat jalur pcb sendiri mengunakan pcb kosong, desain pcb secara manual 4.5 5 cah pacitan 20 Juli 2016 membuat skema jalur pcb secara manual adalah cara yang efektif apabila sobat tidak menggunakan desain komputer, dengan cara ini akan lebih...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

2 komentar:

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.