peran penting dan trik rapi saat menjadi operator sound system

 on 17 Juli 2016  

Hai sobat, apakah sobat pernah menjadi operator sound, jika pernah pasti pernah mengalami susah atau gampang kan, setiap grup band atau grup musik pasti mempunyai permintaan settingan mixer yan berbeda beda, ada yang satu settingan sudah enak, ada juga yang komplain terus. jadi inilah trik menjadi operator sound yang rapi.


  • Usahakan letak aksesoris sound system di tata dengan jelas.
Ini akan mempermudah sobat dalam mensetting sound system di mana untuk control maupun untuk pembuangan luar, seperti letak equalizer buangan, equalizer control, crossover, power amplifier untuk control, power untuk luar, dan lain lain, jika letak sudah rapi, sobat tidak akan lupa dan tidak perlu mengurutkan kabel, atau kebingungan dalam mencari aksesoris yang mana yang perlu di setting.
  • Usahakan kabel di atur dengan rapi.
Kabel pada operator sound pasti banyak, yang berfungsi sebagai banyak macam, seperti kabel listrik kabel speaker, kabel input output, kabel mic dan lain-lain, usahakan menata kabel serapi mungkin dengan penataan yang jelas, jika kabel di tata dengan jelas maka akan mempermudah sobat mengatasi ganguan saat terjadi trobel, sobat tidak akan kebingunan mengurutkan kabel yang begitu banyak,
  • Settingan yang seimbang antara control dengan luar
Setarakan settingan low mid dan high antara  amplifier control dengan buangan luar. jika sudah seimbang maka suara di control dengan yang luar akan sama, jadi dalam enak luar juga enak di dengar, biarpun level volume berbeda tetapi tetap seimbang, yang di maksud seimbang ya itu level pada low mid dan high setara antara control dengan luar. settingan ini di atur setelah selesai instalasi sound.
  • Usahakan settingan tidak akan menghasilkan feedback.
Ini biasanya sering terjadi yang bikin operator sound jadi sibuk, misal saja yang bikin feedback adalah mic pada vokal 1, dan sering juga terjadi kekeliruan mengurangi volume mic yang lain, jadi hal ini akan lebih rapi jika tidak ada feedback sama sekali, tetapi sulit jika tidak menggunakan alat penghilang feedback. maka dari itu baca ini Cara Menghilangkan Mengatasi Dan Mencegah Feedback, Jadi Operator Sound System.
  • Usahakan suara pada sound menghasilkan suara yang jernih.
Untuk kualitas suara agar jernih mungkin ini adalah tugas dari aksesoris sound system sobat, untuk itu gunakan aksesoris yang yang bagus yang tidak menghasilkan suara dengung, suara pecah dan lain-lain, sobat jangan menggunakan aksesoris yang menimbulkan suara yang tidak di inginkan, jika suara jernih maka saat musik berhenti tidak akan timbul suara-suara di luar musik (senyap).
  • Memenuhi permintaan pemain musik atau musisi
Seperti yang telah di bicarakan, Setiap group band pasti mempunyai permintaan settingan pada mixer yang berbeda-beda, misalnya antara grup A dengan grup B, jika grup A pada settingan keyboard meminta suara tribel besar dan pada grup B keyboard meminta suara tribel agak kecil, itu hanya contoh saja sob, jadi usahakan untuk memenuhi permintaan settingan mixer pada setiap musisi.
  • Jangan utak atik setelah selesai setting.
Hal yang terakhir adalah sobat jangan mengotak atik settingan yang sudah jadi,  kecuali jika ada hal yang mengharuskan misalnya ada permintaan dari musisi saat music berjalan, saat terjadi trobel dan lain lain, jika tidak ada hal yang mengharuskan merubah settingan sobat hanya perlu menikmati musik yang sedang berjalan atau mungkin ada kerjaan lain silahkan di kerjakan.

Sekian dulu ya sob,, semoga bermanfaat buat sobat semua, sekian dan terimakasih.

peran penting dan trik rapi saat menjadi operator sound system 4.5 5 cah pacitan 17 Juli 2016 Hai sobat, apakah sobat pernah menjadi operator sound, jika pernah pasti pernah mengalami susah atau gampang kan, setiap grup band atau gru...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.