Memodifikasi Motor Dengan Aman jadi CB klasik

 on 11 September 2017  

Banyak pilihan cara modifikasi motor, namun tak sembarangan juga kita bisa menerapkannya. Memodifikasi sepeda motor mungkin sudah jadi hobimu sejak lama sehingga dalam pelaksanaannya kira-kira bisa memahami apa saja yang mesti dilakukan.


Di sisi lain, sebagian besar orang yang berminat memodifikasi motor mereka sering terinspirasi oleh apa yang mereka saksikan dan berupaya mengubah kendaraan mereka.

Keinginan memodifikasi motor itu mungkin dimulai dari bagian-bagian kecil, misalnya mengubah lampu, roda, velg, mesin, hingga body. Yang namanya modifikasi kendaraan tentu saja mengubahnya dari kondisi standar. Risiko yang dihadapi pun beragam. Pasalnya, kamu mesti mengorbankan sejumlah bagian dari motormu dan menggantinya dengan yang lain.

Agar setelah modifikasi motormu tetap aman dikendarai, caranya haruslah tepat. Jangan sampai terjadi pemaksaan pada bagian tertentu untuk dimodifikasi yang berujung pada risiko keamanan dan kenyamananmu selaku pengendaranya.

Warna Motor
Kita mulai dari pewarnaan motor. Ini adalah cara modifikasi paling sederhana dan boleh dibilang aman. Karena yang kamu ubah ialah warna cat motor dan sama sekali tidak mengutak-atik mesin apalagi body-nya.

Kalau jenis motor yang mau dimodifikasi itu punya body yang lumayan besar dan kemampuan mesin di atas rata-rata, pengecatan ulang umumnya dilakukan agar tidak kalah dengan motor baru. Di sini wajib dipahami bahwa jenis cat yang akan digunakan mesti berkualitas.

Kalau menggunakan cat pylok hasilnya bakal mengecewakan karena sangat mudah terkelupas apalagi kena sengatan panas matahari dan air. Pilih saja jenis cat yang memang dikhususkan untuk pewarnaan motor. Kalau belum bisa melakukannya sendiri bisa minta bantuan pada bengkel cat motor.

Dalam urusannya dengan administrasi dan keamanan di jalan, jangan sampai warna asli motormu sama sekali hilang atau tak cocok lagi dengan data yang ada di STNK. Masalahnya, ada risiko penilangan jika data di dalam STNK itu tak sesuai pada wujud asli motormu walau masih bisa dicek pada nomor rangka body. Baca juga Cara membuat motormu lebih kencang dan enteng

Body Motor
Memodifikasi body motor merupakan hal yang paling sering kita jumpai. Bagaimanapun juga, tampilan luar motor menentukan prestise pengendaranya.

Contohnya adalah modifikasi body kendaraan dengan gaya full fairing. Hasilnya nanti akan terlihat seperti sebuah motor unik dan klasik, bukannya untuk balapan profesional. Lagi-lagi kamu mesti mempertimbangkan apakah modifikasi body itu akan cocok dengan jenis motormu.

 Faktor kenyamanan dan keamanan pun sangat penting. Di samping itu, Ingat juga bahwa memotong bentuk body asli atau standar harus sesuai dan pas, alangkah baiknya di serahkan yang ahlinya, karena selain sayang jika salah pemotongan bisa jadi jelek jika di perbaiki lagi, lebih baik antisipasi daripada terlanjur.

Cara paling aman ialah membeli body baru yang kemudian dipasangkan dan dibentuk sesuai kehendak. Toh, banyak pula jenis body motor bekas yang masih sangat bagus dan bisa kita modifikasi sesuai selera. Seperti Honda GL Pro GL Max GL 100 dan lain-lain jika memodifikasi bikin bodi CB yang diperlukan antara lain lampu depan, jok, Slebor, tangki dan lain lain. apabila susah mencarinya di toko bisa mencari di klitikan yang harganya sesuai bisa ditawar dan kualitasnya bisa memilih, ada juga yang original bawaan motor.

Mesin dan Aksesoris
Mengubah performa mesin berarti mengoptimalkannya. Pilihannya bisa dengan mengulik bagian standar mesin atau sekaligus menggantinya yang baru. Pertimbangkan dulu kecocokannya dengan jenis motor dan apakah bakal sesuai kenyamanan.

Sementara bagi yang mau menambahkan aksesoris untuk modifikasi perlu membandingkan dulu apakah kualitasnya nanti sesuai yang kamu harapkan. Jangan sampai gaya modifikasi itu nanti malah membuat motormu jadi berlebihan. Biasanya pada motor CB mesin lawas dalamnya sudah tidak standar lagi seperti mengganti seluruh bagian isi mesin diganti mesin Tiger yang terdiri dari katup atau klep, noken as, piston bandul, gigi ransel atau gigi kampas kopling, dan tranmisinya.

Jadi motor kelihatan lawas tetapi dalaman motor baru dan performa baru. Ada juga yang memodifikasi memasang double starter dengan berbagai cara.
Memodifikasi Motor Dengan Aman jadi CB klasik 4.5 5 cah pacitan 11 September 2017 Banyak pilihan cara modifikasi motor, namun tak sembarangan juga kita bisa menerapkannya. Memodifikasi sepeda motor mungkin sudah jadi hobim...

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam hal tulis maupun hal lain, karena manusia tidak ada yang sempurna, mohon di infokan jika ada hal yang kurang atau keliru. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © ABSUKA. All Rights Reserved.